25 Jul 2010

West Jakarta Masterplan

NEW WEST PRIMARY CENTER

DESCRIPTION
Sentra Primer Baru Jakarta Barat merupakan suatu Kawasan Pembangunan Terpadu yang berada pada lahan seluas 94.7 hektar yang direncanakan menjadi Pusat Kegiatan Utama di Jakarta Barat. Terletak di tepi persimpangan jalan Tol Jakarta-Merak dengan Tol Pondok Indah-Kapuk (Lingkar Luar Barat Jakarta).



Kawasan Pembangunan Terpadu Sentra Primer Jakarta Barat akan merupakan suatu kawasan campuran komersial, hunian dan pelayanan jasa/pemerintahan yang penting di daerah tersebut.

Konsep Perancangan Kota utama dari Kawasan Pembangunan Terpadu Sentra Primer Jakarta Barat adalah untuk menciptakan bangunan komersial yang berupa bangunan perkantoran, perdagangan dan jasa serta hunian.
Kawasan ini namanya Puri Indah sudah terbangun jaringan jalan dan infrastrukturnya. Kantor Walikota Jakarta barat juga sudah lama pindah ke sana. Bebas macet, jalannya masih lebar-lebar. Ada perumahan mewahnya. Akses lancar ke Perumahan kelas menengah di Meruya dan Kebon Jeruk ...

Tapi sayang, jalan menuju ke sana adalah jalan2 yang sempit (kecuali di dalam kawasan itu sendiri dan Jalan Tol / tepi tol tentunya).

Dari tahun jebot, sampe sekarang aku sih gak lihat pembangunan berarti di sana. Terakhir kali, aku liat ada RS Puri Indah (mo saingan ma RS Pondok Indah,, logo2nya sok mirip,, pengelolanya bisa jadi sama ...) baru siap di sana. Salah satu SMA Negeri unggulan di JakBar bakal dipindah ke Puri Indah (sebut saja SMA 65, yang kondisinya kini kurang layak karena berlokasi di tepi Jalan Arteri dan tetanggaan ma RCTI ) .. Syukurlah, mulai angkatan sekarang, sudah mulai migrasi tuh pelajarnya ke sana ...


Gak usah ditanya lagi , BANJIRNYA PARAH (BANGET - 1000000000000 kali) .. Kalau cuman mengandalkan tol Kebon Jeruk. Aku meragukan infrastruktur kawasan ini akan berkembang, tapi bisa jadi ketika Tol Lingkar Barat resmi beroperasi ... Maka, kawasan ini akan tumbuh pesat (PLUS BANJIR nya sekalian ....

Bangunan keren yang ada di sana : Mal Puri Indah, Apartemen (apa kurang tahu), yang pasti Kantor Walikota JakBar memang kurang keren ...
Cengkareng Agrobusiness Terminal

DEVELOPMENT CONCEPT

Terminal Agribisnis secara fisik merupakan suatu kawasan perdagangan modern produk-produk agribisnis, baik spot market maupun future market, yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung untuk mendukung terselenggaranya transaksi domestik dan ekspor.

Kawasan perdagangan produk-produk agribisnis modern dan bertaraf internasional, yang dilengkapi dengan jaringan sistem informasi global.

DESCRIPTION
Lokasi : Jalan Outer Ring Road, Kelurahan Cengkareng Barat - Kecamatan Cengkareng - Jakarta Barat

Luas Lahan : ± 10 Ha

Status Lahan : Milik Dinas Pertanian DKI (Kebon Bibit)

Peruntukan Lahan
1. Perencanaan Bangunan Utama (Terminal Agribisnis) sebagai pusat promosi, aktivitas jual beli (transaksi), cold storage, loading-unloading.

2. Bangunan & Fasilitas Pendukung seperti halnya bank, laboratorium mutu, informasi, klinik, kantin, pusat bunga, parkir, kantor administrasi pengelola, warehouse/gudang, pembuangan sampah.

Ohhh,, jalan samping Puri Indah tepi tol (yang ditengahnya galian proyek dan selalu tergenang air (seolah-olah sungai ... or memang sungai ???).... Hmmm, yang aku lihat di sana cuman Lapak Jualan Bunga Hias, pernak-pernik taman doank ... Lebih ke arah UKM,, kemasannya pun yaa gitu deh .. Gak banget lah, kalau mau dibandingin ma yang di Senayan ...

KAMAL, Village of Tourism

DESCRIPTION
Masterplan kawasan Desa Wisata Kamal terbagi dalam beberapa area sebagai berikut : Visitor Center, Area Penerima, Hutan Kota, area wisata Kampung Cina dan area wisata Kampung Betawi yang juga dilengkapi dengan panggung terbuka dan area gembala.

Waduk Melati

DESCRIPTION
Kawasan Waduk Melati dibatasi oleh jalan Kebon Kacang Raya di sisi utara, jalan KH Mas Mansyur di sisi barat, jalan Sudirman di sisi timur, dan jalan dan rel kereta api sejajar Kali Malang di sisi selatan.

Disusun secara COMPATIBLE antara fungsi-fungsi yang berdampingan, Integrasi antar blok sehingga memungkinkan arus aktivitas di sekeliling kawasan, serta mengakomodasikan kebutuhan fungsi komersial yang berkelas di Kawasan Strategis.

VISION
Menciptakan suatu kawasan komersial, hiburan dan hunian baru yang terbesar di Jakarta dan dapat menjadi "Destination point" bagi warga Jakarta dan wisatawan baik lokal maupun mancanegara serta menjadi "LANDMARK" baru Kota Jakarta, sekaligus menghidupkan dan meningkatkan kualitas Kawasan Kebon Melati dan sekitarnya.

MISSION
Menciptakan bangunan komersial dan hunian berskala besar, dengan menyediakan fasilitas perdagangan berupa pusat perbelanjaan (shopping mall, trade center, galeri UKM bertaraf Internasional, dan retail), cafe dan restoran, fasilitas hiburan/entertainment, gedung perkantoran, serta fasilitas hunian berupa hotel dan apartemen yang besar, lengkap dan terintegrasi dengan baik.





Last edited by AceN; September 7th, 2008

Tidak ada komentar:
Write comments