9 Mar 2011

Apakah itu GIS?


Ini mungkin pertanyaan yang paling sering diajukan diajukan kepada mereka dalam Sistem Informasi Geografis (GIS) lapangan dan mungkin yang paling sulit untuk menjawab secara ringkas dan jelas.

GIS adalah bidang teknologis yang menggabungkan fitur geografis dengan data tabel untuk memetakan, menganalisis, dan menilai masalah dunia nyata Kata kunci ke teknologi ini adalah Geografi -. Ini berarti bahwa data (atau setidaknya beberapa bagian dari data) adalah spasial, dengan kata lain, data yang dalam beberapa cara yang direferensikan ke lokasi-lokasi di bumi. Digabungkan dengan data ini biasanya data tabular dikenal sebagai atribut data Atribut data dapat secara umum didefinisikan sebagai informasi tambahan tentang setiap fitur spasial.. Sebuah contoh dari ini akan sekolah. Lokasi sebenarnya dari sekolah adalah data spasial Data tambahan seperti nama sekolah, tingkat pendidikan yang diajarkan, kemampuan siswa akan membuat cadangan data atribut.. Ini adalah kemitraan dari kedua tipe data yang memungkinkan GIS untuk menjadi seperti yang efektif alat pemecahan masalah melalui analisis spasial.

GIS beroperasi pada berbagai tingkatan. Pada tingkat yang paling dasar, GIS digunakan sebagai komputer pemetaan, yaitu pemetaan. Kekuatan nyata dalam GIS adalah melalui menggunakan metode spasial dan statistik untuk menganalisis atribut dan informasi geografis. Hasil akhir dari analisis dapat informasi derivatif, diinterpolasi informasi atau informasi diprioritaskan.

Kutipan lain untuk menjawab "Apa itu GIS?" "Dalam arti, GIS adalah sebuah sistem komputer yang mampu perakitan, menyimpan, memanipulasi, dan menampilkan informasi geografis direferensikan, yaitu data yang diidentifikasi menurut lokasi mereka. Praktisi juga menganggap GIS jumlah termasuk personil operasi dan data yang masuk ke dalam sistem ". USGS "

Sebuah sistem informasi geografis (GIS) adalah alat berbasis komputer untuk pemetaan dan menganalisis hal-hal yang ada dan peristiwa yang terjadi di bumi. Teknologi GIS mengintegrasikan operasi database umum seperti query dan analisis statistik dengan visualisasi yang unik dan manfaat analisis geografis yang ditawarkan oleh peta ". ESRI

"SIG adalah sebuah sistem terintegrasi perangkat keras komputer, perangkat lunak, dan personil terlatih menghubungkan topografi, demografi, utilitas, fasilitas, gambar dan data sumber daya lain yang secara geografis direferensikan". NASA GIS telah terpengaruh sebagian besar dari kita dalam beberapa cara tanpa kita menyadarinya itu. Jika Anda pernah menggunakan program pemetaan Internet untuk mencari arah, selamat, Anda sudah pribadi yang digunakan GIS. Sudut baru rantai supermarket di mungkin terletak menggunakan GIS untuk menentukan tempat yang paling efektif untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Komponen GIS
Langkah selanjutnya dalam memahami GIS adalah dengan melihat pada setiap komponen GIS dan bagaimana mereka bekerja sama. Komponen ini adalah:

Perangkat keras
Hardware terdiri dari peralatan yang diperlukan untuk mendukung banyak aktivitas GIS mulai dari pengumpulan data untuk analisis data. Potongan pusat peralatan adalah workstation, yang menjalankan perangkat lunak GIS dan adalah titik attachment untuk perlengkapan tambahan. upaya pengumpulan data juga dapat meminta penggunaan digitizer untuk konversi data hard copy ke data digital dan data logger GPS untuk mengumpulkan data di lapangan. Penggunaan teknologi bidang genggam juga menjadi alat pengumpulan data penting dalam GIS. Dengan munculnya berbasis web GIS, web server juga menjadi bagian penting peralatan untuk GIS.

Perangkat lunak
paket perangkat lunak yang berbeda adalah penting untuk GIS. Pusat ini adalah paket aplikasi SIG. perangkat lunak tersebut sangat penting untuk menciptakan, mengedit dan menganalisis data spasial dan atribut, karena paket ini berisi berbagai fungsi GIS melekat kepada mereka. Ekstensi atau add-ons adalah software yang memperluas kemampuan dari paket perangkat lunak GIS. Komponen perangkat lunak GIS adalah kebalikan dari aplikasi perangkat lunak. Komponen GIS mencoba membangun aplikasi perangkat lunak yang memenuhi tujuan tertentu dan dengan demikian terbatas dalam analisis spasial kemampuan mereka. Utilitas adalah program yang berdiri sendiri yang melakukan fungsi tertentu. Sebagai contoh, sebuah utilitas yang mengubah format file dari jenis file GIS yang lain. Ada juga web GIS perangkat lunak yang membantu melayani data melalui browser internet.

Data
Data adalah inti dari setiap GIS. Ada dua tipe utama data yang digunakan dalam GIS. geodatabase adalah database yang dalam beberapa cara yang direferensikan ke lokasi-lokasi di bumi. Geodatabases dikelompokkan menjadi dua jenis: vektor dan raster. Vektor data adalah data spasial direpresentasikan sebagai titik, garis dan poligon data. Raster adalah data berbasis sel seperti citra udara dan model elevasi digital.. Ditambah dengan data ini biasanya disebut data atribut sebagai data Atribut data umum didefinisikan sebagai informasi tambahan mengenai masing-masing fitur spasial disimpan dalam format tabular. Dokumentasi GIS dataset dikenal sebagai metadata berisi. Metadata informasi seperti sistem koordinat, saat data dibuat, ketika terakhir diperbarui, yang menciptakan dan bagaimana menghubungi mereka dan definisi untuk setiap atribut data kode.

Orang-orang
Yah orang terlatih dalam analisis spasial berpengetahuan dan terampil dalam menggunakan perangkat lunak GIS sangat penting untuk proses SIG. Ada tiga faktor terhadap komponen masyarakat: pendidikan, jalur karir, dan jaringan. Pendidikan yang tepat adalah kunci; mengambil hak kombinasi kelas . Memilih jenis pekerjaan yang tepat adalah penting GIS A. orang yang sangat terampil GIS in harus analisis tidak mencari pekerjaan sebagai pengembang GIS jika mereka tidak mengambil kelas pemrograman yang diperlukan. Akhirnya, jaringan terus menerus dengan para profesional GIS lainnya sangat penting untuk pertukaran ide serta dukungan masyarakat

Tidak ada komentar:
Write comments