27 Sep 2012

Dukung DKI Jakarta Propinsi Jawa Barat Kembangkan Kota-kota Bodebek Karpur

Untuk mendukung pembangunan di ibukota Negara Indonesia, DKI Jakarta diperlukan dukungan dari daerah penyangganya, seperti Bogor, Depok, Bekasi, Karawang dan Purwakarta. Untuk itu Provinsi Jawa Barat akan mengembangkan kota- kota tersebut menjadi kota Metropolitan atau disebut Bodebek Karpur (Bogor, Depok, Bekasi, Karawang dan Purwakarta) 

Hal ini diungkapakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jawa Barat, Prof. DR. Ir. Deny Juanda Puradimaja., DEA, Rabu (26/9/12) di Bakorwil, Jl. Ir. H. Juanda Bogor.

Menurutnya, Kota Bogor dan sebagian Bogor saat ini sudah pada fase berkarakter metropolitan dan statistik terakhir rakyat Jawa Barat 65 Persennya  berdomisili di Perkotaan.

Bahkan sebagian warga Jawa Barat pada siang hari beraktifitas di ibukota, dimana mereka pada  pagi hari hingga petang berada di wilayah DKI, sedangkan malam hari baru di wilayahnya masing-masing, baik itu Bogor, Depok, Bekasi, bahkan saat ini sudah merambah ke Karawang dan Purwakarta.

"Kota  Bogor, Depok, Bekasi sudah berkarakter metropolitan, bahkan  studi di Bapeda terakhir 2011 ini sudah sampai karawang dan Purwakarta. Bahkan kota-kota tersebut sehari-harinya itu sudah berkarakter perkotaan, dimana orang-orangnya itu hidup di Jakarta, lalu bermalam di wilayahnya masing-masing dan tanpa disadari wilayah ini sudah berkarakter kota”, urai Prof. DR. Ir. Deny Juanda.

Deny menambahkan, Provinsi Jawa Barat adalah membangun Bodebek plus Karpur,  bukan menjadi tempat transit atau tidur, tetapi pemerintah Jawa Barat ingin Bodebek memiliki pertumbuhan sendiri. Untuk itu pihaknya  mengusulkan sebuah metropolitan baru, yaitu Metropolitan Bodebekkarpur.

Jika konsep tersebut terbentuk, maka  kegiatan-kegiatan ekonomi bisa tersebar dan tidak hanya di Jakarta saja tetapi bisa ke wilayah-wilayah sekitarnya

Denny berharap dua metropolitan bisa tumbuh dan berkembang, sehingga beban di Jakarta berkurang dan  menjadi metropolitan kelas dunia. Selain itu, konsep tersebut juga bisa memajukan Jawa Barat.

Denny menjelaskan, agar wacana tersebut berjalan sukses, saat ini provinsi Jabar tengah membentuk satu tim Metropolitan Development management (MDM), dimana tugasnya akan menyiapkan konsep tiga metropolitan Jawa Barat, Bodebek Karpur, kedua Metropolitan Bandung Raya dan metropolitan Cirebon raya.

Diharapkan pada 28 Oktober 2012, konsep-konsep tersebut telah selesai.
-----------------------
Oleh : Wina dan Amir

Tidak ada komentar:
Write comments