17 Jul 2010

2.2. ZONING DI INGGRIS

Quantcast
Pada abad ke 18 Inggris mengalami revolusi industri yang pertama dengan kebangkitan industri manufaktur yang menjadi penggerak utama roda perekonomian negeri tersebut.
Phenomena tersebut diikuti juga dengan pertambahan penduduk ,migrasi yang cepat dari desa-desa pertanian ke kota dan pembangunan kota-kota industri. Dampaknya adalah timbul kebutuhan perumahan untuk para pekerja di dalam kota. Pembangunan yang cepat dan motif mengambil keuntungan yang besar di kalangan industrialis, telah menyebabkan pembangunan hampir tidak terencana, tidak nyaman dan sama
sekali tidak memperdulikan kesejahteraan para pekerja. Perumahan dibangun dengan kepadatan tinggi pada daerah-daerah yang peruntukan lahannya tidak sesuai, hunian kumuh terbentuk sehingga menyebabkan kondisikehidupan yang memprihatinkan dengan angka kematian yang tinggi.
Akhirnya beberapa industrialis menyadari kekeliruannya dan kemudian mulai merintis penyusunan peraturan pembangunan yang tepat untuk mengendalikan pembangunan. Upaya inilah yang akhirnya yang menghantar tersusunnya Town Planning Act yang pertama pada tahun 1909. Meskipun cakupannya saat itu masih sangat terbatas, peraturan inilah yang membuka jalan diterimanya prinsip statutory planning yaitu konsep perencanaan yang dilandasi pada peraturan legislatip. Prinsip ini kemudian banyak ditiru kota-kota lain di seluruh dunia.
      disusun oleh : Ismail Zubir

Tidak ada komentar:
Write comments