Setelah membaca majalah Economist September 2010 masalah, saya menyadari bahwa Jakarta punya panggilan baru: kota terbesar di dunia tanpa metro. The Economist melaporkan bahwa kepemilikan mobil di Jakarta telah meningkat sebesar 10-15 persen per tahun. Sepeda motor di mana-mana dan dapat diperoleh dengan uang muka sebagai sedikit sebagai $ 30. Di sisi lain, tingkat pertumbuhan jalan Jakarta kurang dari 1 persen per tahun. Kemacetan sehari-hari di Jakarta semakin memburuk. Jakarta diperkirakan kehilangan $ 3 miliar per tahun akibat keterlambatan transportasi dan mencapai kemacetan lalu lintas total pada tahun 2014.
lalulintas jakarta metromini
Metrominis menggunakan jalur busway di Jalan Urip Sumohardjo, Jatinegara, Jakarta
Kemacetan lalu lintas akut di Jakarta juga diminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk kembali gagasan keluar modal relokasi Jakarta. Relokasi keluar ibukota Jakarta dapat mengurangi urbanisasi dan tingkat kepemilikan mobil di Jakarta dan sekitarnya, tetapi tidak akan sepenuhnya mengatasi kemacetan di Jakarta. Jakarta perlu perubahan mendasar dalam pengelolaan angkutan umum. Angkutan umum saat ini belum mampu mengurangi kemacetan akut di Jakarta. Jakarta sekarang membutuhkan Mass Rapid Transit (MRT) atau juga dikenal sebagai Metro untuk mengatasi masalah transportasi.
Sebagian besar wilayah metropolitan di dunia dengan penduduk lebih dari 10 juta telah Metro beroperasi selama bertahun-tahun. New York City dibuka baris bawah tanah pertama dari kereta bawah tanah pada tahun 1904 dan kereta bawah tanah telah menjadi tulang punggung sistem transportasi Kota New York sejak saat itu. Dua kota besar di Jepang, Tokyo dan Osaka dibangun metro mereka pada tahun 1927 dan 1933 masing-masing. Metro Tokyo adalah yang paling luas transit di dunia sistem cepat dengan lebih dari delapan juta penumpang setiap hari. Kota terbesar kedua di dunia, Mexico City, telah membangun metro sejak 1969 dan sekarang Mexico City Metro adalah sistem metro terbesar kedua di Amerika Utara setelah kereta bawah tanah New York City. Dua kota besar di Cina, Beijing dan Shanghai membuka sistem metro mereka pada tahun 1971 dan 1995 masing-masing. Kota-kota besar di Asia Tenggara yang memiliki populasi kurang dari Jakarta juga memiliki sistem metro mereka selama bertahun-tahun, termasuk Manila (1984), Singapura (1987), Kuala Lumpur (1995) dan Bangkok (2004) (Wikipedia, 19 Oktober 2010).
MRT akan menjadi proyek-proyek publik yang paling mahal dalam sejarah Jakarta, tapi itu adalah jawaban untuk menghindari kemacetan lalu lintas total di Jakarta. Untuk setidaknya 20 tahun, usulan MRT di Jakarta telah dibahas oleh pemerintah kota Jakarta dan pemerintah Indonesia. Para aktivis dan pengawas non-pemerintah telah melihat proposal MRT sebagai bonanza mungkin bagi politisi korup dan kontraktor (Ekonom, 4 Februari 2010).
Traffic Jam - Jakarta
Akut kemacetan lalu lintas di Jakarta
Akhirnya, Pemerintah menjamin perjanjian $ 1600000000 pinjaman dengan Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA) pada 2009 untuk pendanaan proyek MRT Jakarta. Wakil Presiden Boediono juga meminta JICA untuk mempercepat desain dan konstruksi proyek MRT untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Proyek akhir ini dirancang diharapkan akan selesai pada tahun 2011. Saluran pertama proyek MRT diharapkan dapat menghubungkan bundaran Hotel Indonesia dan Kota tahun 2016 (The Jakarta Post, 20 Oktober 2010).
Saya menyarankan dua langkah mendasar bagi pemerintah kota Jakarta agar dapat secara efektif mengatasi masalah transportasi akut di Jakarta. Pertama, mengintegrasikan proyek MRT dengan moda transportasi saat ini masyarakat termasuk termasuk Busway Transjakarta, Metromini, Kopaja, Angkot, Bus Kota, dan mikrolet. Keandalan, aksesibilitas dan keterjangkauan dari sistem transportasi publik harus ditingkatkan untuk semua tingkatan warga Jakarta. Pengembangan sistem transportasi publik juga harus mempertimbangkan kebutuhan warga di daerah pedalaman di Jakarta termasuk Tangerang, Bekasi, Depok dan Bogor.
Kedua, mengubah pengendara mobil dan pengendara sepeda motor ke pengendara kendaraan umum / pengendara MRT. Ini akan menjadi kunci penting bagi keberhasilan Jakarta dalam mengatasi kemacetan lalu lintas. Tanpa konversi pengendara mobil dan pengendara sepeda motor ke pengendara kendaraan umum / pengendara MRT, kemacetan lalu lintas di Jakarta tidak akan pernah diselesaikan dan proyek MRT akan menjadi investasi efektif.
Metro di Montreal
Konversi pengendara mobil dan pengendara sepeda motor ke angkutan umum / pengendara MRT bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Sebuah perencanaan yang matang dan komprehensif yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan diperlukan. Pemerintah kota Jakarta juga perlu belajar dari pengalaman operasi Busway transjakarta khususnya tentang cara efektif mengkonversi pengendara mobil ke pengendara Busway Transjakarta. Last but not least, ketidaknyamanan pengendara mobil dan motor karena kemacetan akut di Jakarta dapat dianggap sebagai aset besar untuk mengubahnya menjadi angkutan umum / pengendara MRT. Transportasi publik dan sistem MRT harus menawarkan moda transportasi yang handal, dapat diakses, tepat waktu, nyaman, aman dan terjangkau dalam rangka untuk pengendara mobil dan pengendara sepeda motor untuk meninggalkan kendaraan mereka dan naik angkutan umum dan / atau MRT sebagai moda transportasi utama mereka.
-------------------------
Sumber : The Jakarta Post pada tanggal 24 Oktober 2010, Ir. Deden Rukmana.
Tidak ada komentar:
Write comments